Beritaindonesia.id – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan dukungannya atas partisipasi Indonesia dalam pameran dagang Gamescom 2022 yang akan berlangsung pada 24-28 Agustus 2022 di Cologne, Jerman.
Ada 13 pelaku usaha gim Indonesia telah terpilih melalui rangkaian rekrutmen terbuka dan kurasi untuk mengikuti Gamescom 2022. Partisipasi Indonesia tersebut mengusung tema ‘GotGame.id: Games From Indonesia’.
“Kementerian Perdagangan mendukung pengembangan sektor jasa Indonesia, khususnya gim. Dukungan diberikan terhadap partisipasi Indonesia di pameran dagang Gamescom 2022 yang diikuti 13 pelaku usaha gim Indonesia terpilih. Kami berharap hasil dari kegiatan ini dapat memberikan semangat bagi para pelaku usaha industri gim Indonesia untuk terus maju dan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan dalam siaran pers, Selasa (16/8/2022).
Mendag berharap, melalui partisipasi ini, industri gim Indonesia dapat semakin ‘go international’ dan aktif dalam rantai pasok global industri digital dan kreatif. Kementerian Perdagangan akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait serta membantu pelaku usaha secara berkesinambungan dalam mempromosikan sektor gim kedepannya.
“Saya yakin dengan kapasitas talenta yang terus berkembang dan dukungan dari semua pemangku kepentingan, gim Indonesia akan menjadi generator baru ekonomi nasional karena multiplier effect yang dihasilkan kepada industri gim itu sendiri, sektor pariwisata, perdagangan dan sektor-sektor yang lain,” jelasnya.
Berdasarkan data riset New Zoo pada 2020, nilai ekonomi gim di Indonesia mencapai USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 24,2 triliun. Namun, pengembang gim lokal hanya menyerap sebesar 0,5persen atau senilai USD 8 juta atau Rp 114 miliar. Disisi lain, industri gim Indonesia berhasil menyumbang 2,19 persen atau Rp 24,88 triliun dari total produk domestic bruto (PDB).
“Hal ini menunjukkan pemanfaatan gim lokal terus mengalami peningkatan yang signifikan,” tandas Mendag.
Mendag juga menyampaikan, upaya lainnya yang dilakukan Kementerian Perdagangan dalam mendukung industri gim Indonesia guna menembus pasar global, salah satunya melalui misi dagang untuk Tokyo Games Show 2022 di Tokyo, Jepang pada 15-18 September 2022 mendatang.
Misi dagang akan diisi dengan forum bisnis dan penjajakan kesepakatan bisnis (one on one business matching).
“Kami harapkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta asosiasi dan pelaku industri kreatif yang bergerak dalam industri gim serta perwakilan Indonesia di Jepang guna menyukseskan acara ini,” paparnya. [Red]