Jakarta, 3 Maret 2025 – Menjalani hidup dengan keterbatasan fisik tidak mengurangi semangat Ester, seorang penyandang tuli, untuk menggali potensi diri. Tekad tersebut membawa Ester menemukan sebuah komunitas pemberdayaan sahabat disabilitas, Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI).
Perempuan berusia 22 tahun ini selalu antusias untuk mengeksplorasi banyak hal yang membantunya mengenali minat dan bakat baru. Berbagai bidang telah ditekuni oleh Ester, mulai dari tata busana, olahraga, hingga mengikuti kompetisi angkat beban.
Ketika mengetahui adanya pelatihan merias wajah yang diselenggarakan oleh BCA bersama Yayasan PTI bernama “The Beauty of Disabilities: Make UpClass with BCA”, tanpa berpikir panjang Ester segera mendaftarkan diri. Tak disangka, program ini membuka jalan Ester untuk memperdalam pengetahuannya di dunia kecantikan. Setelah mendapatkan pelatihan tata rias dan berhasil memperoleh sertifikasi make up artist (MUA) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Ester kembali mendapatkan pembekalan mengenai ragam teknik nail art.
“Pada awalnya, tidak mudah bagi saya untuk mengikuti berbagai materi yang diberikan. Saya bersyukur program ‘The Beauty of Disabilities: Make UpClass with BCA’ menghadirkan pelatih-pelatih yang telaten mendampingi saya mengerti tata rias. Terbaru, saya juga mendapatkan pelatihan advancednail art dari BCA dan mendapat kesempatan untuk mengimplementasikan pada booth Beauty Corner Bakti BCA sepanjang BCA Expoversary 2025,” tutur Ester melalui bahasa isyarat.
Ester merupakan salah satu dari empat sahabat disabilitas yang menerima pelatihan advancednail art dari BCA. Program ini dirancang untuk memberdayakan sahabat disabilitas menjadi pribadi yang mandiri. Tidak berhenti di situ, BCA juga melanjutkan inisiatif program dengan membuka akses pasar dan melibatkan mereka di dalam setiap event BCA untuk merias pada talent atau penampil.
Di sela-sela kesempatannya menjadi salah satu nail artist di boothBeauty Corner Bakti BCA, Ester menyadari kepuasan yang datang ketika pelanggan senang dengan hasil karyanya ketika memberikan layanan hias kuku gratis kepada para pengunjung. Senyum para pengunjung inilah yang terus memacu semangat Ester dalam merias kuku para pengunjung dengan teliti dan hati-hati.
“Senang sekali bertemu dengan pelanggan-pelanggan pertama saya sebagai nail artist. Ketika mereka tersenyum saat melihat karya saya, rasanya bahagia dan bersemangat terus untuk mengembangkan skill,” tambah Ester.
Di booth Beauty Corner Bakti BCA, Ester menawarkan berbagai opsi desain kuku kepada pengunjung, mulai dari yang simpel hingga yang elegan. Pengunjung BCA Expoversary 2025 juga diperbolehkan untuk memilih desain yang sesuai dengan preferensi mereka. Tak hanya itu, terdapat beragam aksesoris tambahan, seperti ornamen kecil dan manik-manik, yang bisa digunakan untuk memberikan sentuhan unik pada tampilan kuku.
Mona, salah seorang pengunjung booth Beauty Corner Bakti BCA mengaku puas dengan hasil kerja Ester. “Sangat teliti dan telaten. Meski kami terbatas dalam berkomunikasi, tetapi sudah disediakan guide yang memudahkan kami memilih layanan. Mbak Ester terlihat sangat bersemangat dan serius ketika merias kuku saya. Saya jadi tersadar bahwa jasa nail art ini bisa jadi penghidupan bagi teman-teman disabilitas. Senang rasanya bisa memiliki pengalaman ini,” ujar sang pengunjung.
Selama BCA Expoversary 2025, booth Bakti BCA juga menghadirkan literasi keuangan dengan metode yang menarik bagi anak-anak. Para pengunjung yang hadir diajarkan menabung, mengelola uang hingga prinsip-prinsip keuangan melalui permainan yang edukatif dan mudah dipahami.
EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, “BCA meyakini pemberdayaan masyarakat dapat menjadi salah satu motor penggerak ekonomi. Untuk itu, dalam perjalanan kami sebagai perbankan, kami turut melakukan berbagai pendekatan yang memungkinkan terbukanya akses secara maksimal bagi sahabat disabilitas, seperti yang telah kami terapkan di BCA Expoversary 2025 dengan menampilkan para nail artist yang telah mendapatkan pelatihan secara profesional. Kami berharap pendekatan ini ini tidak hanya meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa, tetapi juga turut berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.”
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2024)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2024, BCA melayani lebih dari 41 juta rekening nasabah dan memproses lebih dari 98,4 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.264 kantor cabang, 19.543 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.